Friday, 17 May 2013

Mengubah Ejaan (Spelling) Microsoft Word Menjadi Bahasa Indonesia



Halo sobat!
Dalam hal tulis-menulis, terutama bagi kita kalangan pelajar, yang punya tugas menulis karya ilmiah, tentu penulisannya harus sesuai dengan EyD (Ejaan yang Disempurnakan). Penulisan karya tulis tidak luput dari ketikan komputer. Nah, yang biasanya membuat kita sebal adalah tidak adanya “pembantu” ejaan yang sesuai dengan bahasa Indonesia. Spelling yang digunakan oleh komputer secara default adalah bahasa Inggris. Sehingga, terkadang kata yang memang sudah benar ejaannya dalam bahasa Indonesia, menjadi salah karena diralat oleh komputer secara otomatis, dalam ejaan bahasa Inggris. Sebagai contoh ketika kita menulis kata “bisa”, oleh komputer akan diubah menjadi “bias”.
Atau kata “aktif”, oleh komputer diubah menjadi “active”. Hal ini membuat kita kadang geram dengan komputer sendiri. Tetapi perlu diketahui bahwa ini ini bukanlah kesalahan si komputer. Itu karena ia menggunakan ejaan pada bahasa Inggris. Dengan kata lain, kamus kata yang dimiliki oleh komputer adalah bahasa Inggris.  Nah, untuk itu, sekarang kami akan memaparkan bagaimana caranya agar komputer secara default menggunakan ejaan bahasa Indonesia, sehingga nantinya dalam hal tulis-menulis, akan lebih mudah. Ikuti langkah-langkah berikut ini.

1.       Download Language Pack Bahasa Indonesia untuk Microsoft Word 2007 (atau bagi kamu yang punya, download untuk 2010) di link yang pernah kami posting pada artikel Mengubah Bahasa Microsoft Word 2007 ke Bahasa Indonesia.
2.       Ikuti langkah-langkah pada artikel tersebut sampai selesai.
3.       Setelah itu, masuklah ke Control Panel Windows. Pada Menu Dropdown View by :, pilih Small Category. Lalu klik Region and Language.

4.       Pilih tab Administrative. Pada bagian Current language for non-Unicode programs, klik Change System Local.... Ganti menjadi Indonesian (Indonesia). Klik OK > OK



5.       Restart komputermu. (Perubahan secara otomatis akan memerintahkan untuk restart komputer).
6.       Setelah komputermu menyala kembali, lihat pada area taskbar. Ubah Languege bar, dari English (United States) menjadi Indonesian (Indonesia).


7.       Sekarang bukalah Microsoft Word.
8.       Pada bagian Status bar (bawah), lihatlah bahwa Language secara default adalah English (United States). Klik pada bagian tersebut, kemudian akan muncul kotak dialog Language. Sorot pada Indonesian (Indonesia). Untuk menjadikannya sebagai bahasa default, tekan Default.... Klik OK>OK.











9.       Selesai.

Bagaimana? Sekarang menjadi lebih mudah ketika ingin mengetik dalam ejaan bahasa Indonesia. Apabila ada kesalahan EyD, maka secara otomatis komputer akan menandai bahwa kata itu salah, yang berarti tidak ada dalam indeks kamus. Kelebihan lainnya, apabila ada kesalahan pengetikan yang hanya sedikit saja, misalnya susunan huruf terbalik, akan dibenarkan secara otomatis.
Selamat mencoba!

Cc : Ibu Mustikarini Dewanti, terima kasih atas ide untuk postingannya... :D



Mari berbagi tulisan!

Artikel Terkait

Komentar
1 Komentar

1 comment:

Bookmark Sinyal Pintar

Copy-Pastekan kode ini untuk bookmark Sinyal Pintar di blog/website-mu.
Teks

Banner